Smartphone, Tips Trik

Baterai Smartphone-mu Boros, Lakukan ini Agar Hemat

Kesan ketika kita pertama kali membeli smartphone (Android/iOS) adalah baterainya lumayan boros. Bukan tanpa alasan, fenomena baterai boros yang terjadi pada smartphone modern disebabkan karena ukuran layar yang besar, resolusi tinggi, sistem operasi yang berat, dan aplikasi yang berjalan lumayan banyak. Disamping itu, masih ada konektivitas 2G + 3G/4G yang bikin baterai cepat habis. 
Baterai Smartphone image source
Tentu sangat tidak adil apabila kita bandingkan dengan feature phone yang punya layar kecil dengan resolusi rendah, sistem operasi ringan, serta tidak banyak aplikasi yang berjalan. Jadi, enggak heran kalo baterai 1000 mAh yang dibenamkan pada feature phone mampu bertahan hingga berhari-hari. 
Di lain pihak, smartphone yang punya layar besar dan sistem operasi kompleks serta banyak aplikasi hanya ditenagai baterai 2000/3000 mAh. Sudah bisa ditebak kalo baterai segitu pasti akan cepat terkuras. 
Disini kami tidak akan memberikan tips menghemat baterai seperti tips-tips yang sering kamu baca, yang kadang-kadang bikin kamu nggak bisa ngapa-ngapain karena diminta untuk mematikan jaringan internet, Wifi, dll. 
Cara pertama menghemat baterai smartphone adalah dengan menurunkan tingkat kecerahan layarnya. Karena layar merupakan salah satu bagian dari smartphone yang paling banyak menguras energi. Gunakan screen timeout yang singkat. Biasanya, setting-an default screen timeout sekitar 1 menit. Kamu bisa merubahnya jadi 30 detik agar daya baterai berumur lebih panjang. 
Matikan Bluetooth dan WiFi saat tidak digunakan. 
Terutama ketika kamu berada di luar area WiFi. Karena apabila mengaktifkan WiFi terus-menerus saat tidak ada jaringan akan menyebabkan hape melakukan scanning terus-menerus untuk mencari signal. Walaupun tidak menghabiskan daya terlalu banyak, namun tetap saja hal proses scanning akan menyebabkan baterai berkurang. 
Vampir baterai lainnya adalah GPS. 
Saat tidak dibutuhkan, sebaiknya menonaktifkan fitur Location. Jangan biarkan aplikasi berjalan di background. Biasanya, ketika kita ingin cepat-cepat berpindah ke aplikasi lain, kita akan menekan tombol home agar lebih cepat. Sayangnya cara ini seringkali meninggalkan aplikasi yang masih berjalan dan membutuhkan RAM serta energi tambahan Jangan gunakan getar. Jika kamu tetap ingin mengaktifkan pemberitahuan untuk panggilan masuk atau pesan, gunakan saja nada dering (ring tone) yang lebih hemat energi dibandingkan dengan getaran yang lebih banyak menggunakan daya. Smartphone akan semakin boros apabila dering dan getar diaktifkan bersamaan. 
Matikan notifikasi yang tidak dibutuhkan. 
Cara menghemat baterai smartphone lainnya adalah dengan menonaktifkan notifikasi dari sejumlah aplikasi yang sebenarnya tidak penting. Aktifkan hanya notifikasi dari aplikasi yang kamu anggap penting saja, seperti notifikasi Facebook, WhatsApp, SMS, atau sejenisnya. Sedangkan notifikasi dari game dan aplikasi berita yang tidak kamu butuhkan sebaiknya di nonaktifkan. Nonaktifkan email push. 
Mengaktifkan email push akan menyebabkan ponsel terus-menerus memeriksa apakah ada email baru atau tidak. Kalau kamu jarang berkomunikasi dengan menggunakan email dan tidak sedang mengharapkan email, sebaiknya fitur ini dinonaktifkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *