Android, Aplikasi, Tips Trik

Tips Agar HP Tidak Cepat Habis Baterai

Tips Agar HP Tidak Cepat Habis Baterai – Di era modern seperti saat ini, teknologi fitur pada smartphone semakin canggih dan didukung dengan sistem operasi yang semakin rumit. Hal ini menjadikan smartphone di era baru ini semakin berat bekerja. Mengapa demikian? Karena dengan beragam fitur yang lengkap menjadikan baterai smartphone semakin cepat terkuras. Anda perlu mengetahui tips trik gadget agar tidak cepat habis baterai.

Pemakaian layar yang semakin besar dan didukung dengan prosesor yang mumpuni sudah menjadi kewajiban. Namun, kondisi tersebut tidak didukung dengan adanya inovasi dari segi aspek baterai, sehingga tak banyak perubahan yang ditawarkan dari sisi sumber daya. Berikut ini Tips Agar HP Tidak Cepat Habis Baterai dan bergantung dengan powerbank, diantaranya:

1. Matikan Wi-Fi Otomatis
Sejak adanya pembaruan Oreo, Android OS kini menyediakan fitur yang memungkinkan pemindaian Wi-Fi berjalan secara otomatis, meskipun Wi-Fi Anda dalam kondisi mati. Oleh sebab itu, Anda perlu mematikan fitur yang satu ini. Adapun Anda bisa melakukannya dengan cara membuka ‘Settings’, lalu ‘Network & Internet’, dan pilih ‘Wi-Fi’. Pada bagian bawah ‘Wi-Fi preferences’, Anda hanya perlu mematikan opsi ‘Turn on Wi-Fi automatically’.

2. Periksa Aplikasi yang Aktivitasnya Berlebih
Tips trik gadget agar smartphone tidak cepat habis baterai adalah dengan rutin memantau aplikasi-aplikasi apa saja yang tetap berjalan meskipun Anda tidak menggunakannya sekalipun alias tidak berguna. Oleh sebab itu, Anda bisa menonaktifkan atau uninstall aplikasi tersebut guna menghemat pemakaian daya baterai.

3. Gunakan Aplikasi Versi Lite
Tips lainnya yang juga bisa Anda lakukan ialah dengan menggunakan aplikasi versi Lite. Perlu Anda ketahui bahwa kini sudah banyak bermunculan aplikasi-aplikasi ternama dengan versi yang cenderung lebih ringan untuk smartphone.

Sehingga, dengan menggunakan aplikasi tersebut, Anda bisa lebih menghemat penggunaan baterai karena memang aplikasi tersebut sudah didesain lebih ramah konsumsi daya dan juga data dibandingkan dengan versi standar.

Baca juga : Informasi Smartphone Terbaru yang Rilis Tahun 2020

4. Batasi Penggunaan Lokasi di Aplikasi
Berikutnya, Anda juga bisa mematikan fungsi GPS sepenuhnya. Meskipun cara yang satu ini tidak berdampak begitu banyak, namun setidaknya Anda bisa menggunakan cara ini. Selain itu, ada juga cara lain yang cenderung lebih ampuh yaitu mengontrol pemakaian lokasi pada aplikasi. Dimana Anda perlu membatasi pembacaan posisi yang dilakukan oleh sebuah aplikasi di smartphone Android.

5. Gunakan Tema Berwarna Hitam
Jika smartphone Anda menggunakan layar OLED, dengan memasang latar bertema hitam atau dark theme juga bisa meningkatkan daya tahan baterai smartphone Anda. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan agar smartphone tampil lebih hitam, diantaranya Anda bisa menggunakan wallpaper hitam, mengaktifkan fitur dark theme pada beberapa aplikasi, hingga menerapkan konsep dark theme secara keseluruhan.

6. Matikan Notifikasi dan Auto-Sync
Anda juga bisa menghemat daya baterai dan tidak terlalu sering cas hp dengan cara yang satu ini yaitu mematikan fitur sinkronisasi otomatis dan juga data. Adapun cara melakukannya adalah dengan masuk ke menu Settings, lalu Accounts. Selanjutnya, Anda bisa klik toggle Auto sync data hingga berubah menjadi abu-abu dan tidak aktif.

7. Aktifkan Airplane Mode
Anda juga bisa menghemat daya baterai dengan cara mengaktifkan mode pesawat. Bahkan, jika sedang mati listrik, ada baiknya bagi Anda mematikan koneksi data juga agar smartphone Anda tidak terus mencoba mencari jaringan dan menguras baterai. Selain itu, Anda juga perlu mematikan konektivitas lainnya seperti Bluetooth, GPS, dan Wi-Fi.

Beberapa Tips Agar HP Tidak Cepat Habis Baterai diatas diharapkan dapat menjadi referensi bagi Anda yang kebingungan mencari cara bagaimana mengurangi kebiasaan cas hp terlalu sering dan bergantung pada powerbank.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *