Tips Trik

Tips Proteksi Smartphone Agar Tetap Aman

Tips Proteksi Smartphone Agar Tetap AmanSmartphone merupakan salah satu barang penting yang harus dilindungi. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan banyak sekali data pribadi dan informasi sensitif yang terdapat di dalamnya. Sehingga hal ini dianggap sangat penting. Oleh sebab itu, celah sekecil apapun dapat dimanfaatkan oleh hacker jahat. Ada banyak tips trik gadget lainnya yang masih perlu Anda pelajari dan pahami.

Berikut ini ada beberapa Tips Proteksi Smartphone Agar Tetap Aman yang bisa Anda lakukan untuk melindungi smartphone kesayangan Anda agar semakin aman, diantaranya:

1. Back Up Data
Jika selama ini Anda sudah memasang kata sandi pada hp, namun masih ada orang lain yang berhasil membobol smartphone Anda dan mengambil data didalamnya, maka Anda perlu melakukan back up data secara rutin ke internet. Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan iCloud (bagi pengguna iPhone) atau Dropbox dan OneDrive (bagi pengguna Android).

2. Memasang Kode File
Apakah Anda pernah mencoba membuka file menggunakan kata sandi di dalamnya? Jika ya, maka file tersebut telah dienkripsi sehingga hanya si pemilik smartphone saja yang bisa membukanya. Anda juga bisa melakukan hal tersebut pada file di smartphone Anda.

Ada banyak sekali aplikasi-aplikasi yang menawarkan layanan enkripsi file, salah satunya seperti AutoKrypt. Anda perlu melakukan enkripsi file sebelum data-data dalam hp Anda di back up.

3. Proteksi Wifi dan Bluetooth
Siapa sangka jika hacker ternyata dapat juga menyerang melalui konektivitas Wifi dan Bluetooth. Itu tandanya, Anda perlu rutin mengganti kode keamanan router wifi di rumah maupun pada smartphone Anda, bila Anda sering menjadikan hp sebagai hotspot. Segera matikan Bluetooth apabila tidak Anda gunakan dan atur Bluetooth ke mode non discoverable.

Anda juga bisa menolak apabila menerima pop up yang menyuruh Anda untuk terhubung dengan device lain (pair with a device) yang tidak Anda ketahui.

4. Tingkatkan Keamanan Saat Browsing
Tips Proteksi Smartphone Agar Tetap Aman berikutnya yang perlu Anda perhatikan ialah selalu meningkatkan keamanan saat browsing. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya peretasan situs karena browser akan menangkap history email dan password. Agar lebih aman, Andsa bisa menggunakan mode private di browser.

Selain itu, Anda juga bisa mengakses situs yang aman. Ciri-ciri situs yang aman adalah adanya logo yang menandakan jika situs tersebut dienkripsi. Anda juga bisa memeriksa apakah URL tersebut diawali dengan ‘https’, jika ya, tandanya situs tersebut tidak ada masalah.

5. Non Aktifkan Fitur Geotag
Pastinya Anda pernah menjumpai tulisan lokasi di foto yang Anda ambil, bukan? Jika ya, itu artinya fitur geotag pada smartphone Anda sedang aktif. Anda bisa mematikan fitur tersebut apabila tidak terlalu dibutuhkan, hal ini karena dapat memicu para hacker untuk melacak momen dimana Anda mengambil foto tersebut dengan mudah.

Baca juga : Tips Mengatasi Baterai Smartphone Bocor

6. Segera Pasang Antivirus
Sebagian besar dari Anda para pengguna smartphone, apakah Anda menginstal antivirus di smartphone? Adapun keberadaan antivirus sangat penting guna melindungi data-data yang ada dalam smartphone agar tidak rusak. Ada beberapa jenis antivirus yang direkomendasikan, salah satunya Kaspersky, Avast, Bitdefender dan lain sebagainya.

7. Remote Wipe
Apabila smartphone Anda hilang, habis dirampok dan lain sebagainya, hal ini tentu akan berpotensi terjadinya peretasan data, serta Anda pun lupa melakukan back up, maka Anda bisa melakukan remote wipe. Apa itu remote wipe? Remote wipe ini berfungsi untuk menghapus seluruh data dari jauh tanpa perlu menggunakan smartphone yang ingin dihapus datanya.

Beberapa tips trik gadget diatas dapat menjadi referensi bagi Anda yang belum mengetahui cara melindungi smartphone yang baik dan benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *